EKONOMI INDONESIA

Pada saat ini ekonomi di Indonesia sering kali turun naik, kita bisa lihat bagaimana rencana presiden RI ingin menaikkan harga Bahan Bakar Minyak. Seperti sebenarnya Premium diperuntukkan bagi golongan kurang mampu. Namun masyarakat sering kali masih nakal mengisi Premium untuk kendaraan-kendaraan mewah yang seharusnya menggunakan Pertamax. Rencana kenaikan harga Premium diprotes oleh banyak pihak, terutama bagi masyarakat golongan kurang mampu.

 

Banyak Mahasiswa yang mengatasnamakan aktifis-aktif pembela rakyat kecil berdemo dimana-mana. Di gedung DPR, Universitas-universitas, nahkan turun kejalan yang membuat lalu lintas mengalami kemacetan total. Kenaikan BBM ini dikarenakan harga minyak dunia dan konsumsi dalam negeri yang semakin melonjak tinggi belakangan ini membuat subsidi untuk Premium dan Solar menjadi semakin besar. Jika harga minyak dunia terus naik, subsidi akan menggelembung di luar kemampuan anggaran negara. Padahal, pengeluaran itu akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk keperluan lain, misalnya, pembangunan jalan, jembatan, dermaga, kapal perintis, infrastruktur lain yang sangat diperlukan masyarakat atau untuk peningkatan pelayanan pendidikan.

 

Karena banyak yang memprotes kenaikan BBM ini maka pemerintah mengurungkan niat untuk menaikkan harga BBM khususnya Premium. Tetapi pada saat ini harga BBM Pertamax langsung melonjak tinggi. Pada awal April pemerintah membuat pembatasan untuk pemakaian Premium, kendaraan diatas 1300 CC harus memakai atau mengisi BBM Pertamax. Mudah-mudahan rencana ini berjalan seharusnya, dan dengan ini subsidi yang seharusnya diperuntukkan untuk rakyat golongan rendah bisa dipergunakan sebaik-baiknya. 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s